Bank Indonesia Tegal buka 58 titik penukaran uang layak edar jelang Lebaran 2025. Pesan via aplikasi PINTAR untuk hindari antrean.
Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Tegal, Jawa Tengah, bekerja sama dengan bank-bank dan mitra strategis, menyediakan 58 titik layanan penukaran uang layak edar untuk masyarakat menjelang Lebaran. Layanan ini akan berlangsung dari 6 Maret hingga 26 Maret 2025 dan tersebar di wilayah eks Karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah.
Kepala KPw Bank Indonesia Tegal, Bimala, menjelaskan bahwa pihaknya menyiapkan uang tunai sebesar Rp5,071 triliun, meningkat 9,03% dari tahun sebelumnya. "Ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan uang tunai masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri 2025," ujar Bimala pada Rabu (5/3/2025).
Kegiatan penukaran uang ini dikemas dalam program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2025 dengan tema "Menjaga Rupiah di Bulan Penuh Berkah". Bimala juga mengapresiasi dukungan dari perbankan dan mitra strategis dalam menyukseskan program ini. "Kerja sama ini diharapkan dapat memastikan kebutuhan uang masyarakat terpenuhi dengan jumlah dan pecahan yang sesuai," tambahnya.
Cara Penukaran Uang:
Masyarakat bisa menukarkan uang di loket-loket bank umum atau lokasi yang telah ditentukan. Namun, masyarakat harus memesan terlebih dahulu melalui aplikasi berbasis website **PINTAR (Penukaran dan Tarik Uang Rupiah)** di laman [https://pintar.bi.go.id](https://pintar.bi.go.id). Penggunaan PINTAR bertujuan untuk mengurangi antrean, meningkatkan kenyamanan, dan memastikan distribusi uang yang merata.
Informasi lebih lanjut tentang panduan pemesanan, jadwal, dan daftar lokasi penukaran uang bisa dilihat di media sosial Bank Indonesia Tegal (Instagram @bank_indonesia_tegal).
Selain penukaran uang tunai, Bimala juga mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan transaksi digital seperti mobile banking, internet banking, dan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). Transaksi digital di wilayah Bank Indonesia Tegal terus meningkat, dengan volume transaksi QRIS mencapai 34.884.483 transaksi pada periode Februari 2024 hingga Februari 2025, naik 193% dibandingkan tahun sebelumnya.
Dengan layanan ini, Bank Indonesia Tegal berharap masyarakat dapat memenuhi kebutuhan uang tunai dan transaksi dengan lebih mudah dan nyaman selama Ramadhan dan Idul Fitri.
Credit :
Penulis : Daniel Bintang


Komentar